Minggu, 14 Juni 2009

CURIOSITA

Curiosita berasal dari kata curious, yang berarti rasa ingin tahu. Curiosita sendiri adalah nikmat Allah yang diberikan kepada setiap manusia. Bisa dikatakan bahwa curosita adalah sifat dasar manusia. Rasa ingin tahu akan semua hal, tanpa terkecuali. Jadi, sebenarnya tidak ada manusia yang tidak kreatif. Bahkan manusia pasti akan tertarik dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi akan hal-hal ghaib, walaupun pada umumnya sulit dicerna akal pikiran.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa sebenarnya tidak ada manusia yang tidak kreatif. Karena Allah telah menganugerahkan curiosita pada setiap manusia. Hanya saja mereka kurang bisa mengoptimalkan kinerja otaknya. Waktu kecil, seorang anak manusia punya tingkat curiosita yang sangat tinggi. Tapi lucunya, semakin dewasa maka semakin terkikis pula rasa keingintahuan tersebut . Hal ini tidak lain karena doktrin otak kiri kita yang selalu dikembangkan dalam akademis. Sedangkan peningkatan non-akademis kurang diperhatikan.

Rasa ingin tahu ini sangat penting dalam kreativitas manusia. Apalagi mereka yang berkecimpung di dunia kreativitas, misalnya saja desainer dan arsitektur. Oleh sebab itu, kita perlu meningkatkan curiosita sampai terbentuk pikiran brutal. Eits, jangan berpikir negative dulu. Yang dimaksud pikiran brutal disini adalah memaksakan intuk menghubungkan dua hal yang berbeda dengan syarat, jangan percaya begitru saja pada “petunjuk umum” yang diinstruksikan pada otak kiri kita. Mari kita tinggalkan otak kiri sejenak. Sulit memang, tapi kalau kita sudah bisa menyeimbangkan otak kiri dan otak kanan, hasilnya pasti akan luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar